Masakan Banjar

Disini tempatnya ulun membicarakan masalah masakan banjar. Amun pian beisian resep masakan hanyar, silahkan ja ditulis. Pasti ulun muat. Terima kasih.

Responses

  1. Gangan Gadang Pisang

    Gangan (sayur) gadang pisang, yakni inti batang pisang yang dibuat sebagai sajian istimewa pada setiap acara perkawinan. Pembuatan sayur ini disajikan kepada warga setempat sebagai tanda syukur sehari sebelum pengantin naik di pelaminan. Sayur ini juga dipercaya sebagai penenteram hati bagi pengantin.

    Batang Pisang dikupas bagian luar sekitar 10 lapisan, ambil inti batang pisang yang putih

    Racikan itu kemudian dimasukkan ke dalam santan kelapa. Labu kuning (waluh) dan kacang panjang pun disertakan dalam masakan tersebut. Ditambah pula ubi dan parutan kelapa muda.

    Seluruh bahan dimasukkan dan dimasak dalam panci besar ukuran untuk 100 porsi. Masak sampai matang, Tradisi gangan gadang disajikan kepada warga yang hadir terutama Kaum lelaki yang sibuk membangun tenda serta menyiapkan meja dan kursi diminta berhenti untuk menikmati gangan tersebut.

    Alfani Daud dalam bukunya, Islam dan Masyarakat Banjar (1997), menjelaskan, jamuan gangan gadang pisang adalah bagian dari kepercayaan asal budaya Banjar tentang sumangat (vitalitas hidup) dan tuah benda. Orang Banjar beranggapan, berbagai benda tertentu, termasuk yang dimakan, mempunyai efek khusus.

    Gulai batang pisang bila disajikan menjelang pesta perkawinan dipercaya memiliki sifat mendinginkan serta merangsang penyantapnya menjadi tenang dan sabar. Kedua mempelai yang juga menyantap masakan tersebut diharapkan selalu rukun sepanjang hidupnya.

    Beberapa kelompok warga Banjar di wilayah utara Kalimantan Selatan yang disebut Banua Anam mempunyai keyakinan berbeda. Mereka justru menyantap makanan yang gurih itu sebagai lambang kesuburan dan ketenteraman hidup. Percaya atau tidak, itulah tradisi yang ada. Tak ada salahnya pula mencoba masakan yang gurih tersebut.

    • Gangan gadang ni memang sedap banar, tapi ulun hndk belajar masak ketopat kandangan pang blh kh kula’an?

  2. Soto Banjar

    BAHAN:
    1 dada ayam
    1,5 liter air
    100 gr soun, rendam air sampai lunak, tiriskan
    4 sdm minyak goreng untuk menumis
    1 buah pala, memarkan
    4 cm kayu manis
    4 lembar daun jeruk dan 2 batang serai, memarkan
    1 sdm kaldu bubuk ayam
    Haluskan:
    10 siung bawang merah
    6 siung bawang putih
    1 sdt jintan, sangrai
    1 sdt garam dan 1 sdt merica bubuk
    Pelengkap: perkedel kentang, telur rebus, bawang merah dan putih goreng, irisan seledri dan daun bawang, lontong atau ketupat
    Sambal soto: 10 cabai rawit merah, 2 cabai merah besar, 2 siung bawang putih, haluskan. Goreng dengan minyak sedikit hingga matang, tambahkan 1/2 sdt garam.

    CARA MEMBUAT:
    1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan 1 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam. Cuci kembali sampai bersih, tiriskan.
    2. Rebus ayam hingga lunak, angkat, tiriskan. Sisihkan kaldunya. Potong ayam dadu kecil atau disuwir-suwir.
    3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu. Masak kaldu sampai mendidih, masukan pala, kayumanis, daun jeruk, serai, dan kaldu bubuk rasa ayam.
    4. Siapkan mangkuk, tata soun, potongan ayam, dan perkedel. Tuangkan kuah lalu taburi bawang goreng, bawang putih goreng, seledri, dan daun bawang. Sajikan hangat dan lengkapi dengan ketupat atau lontong dan sambal.
    Untuk: 6 orang

    • resep diatas itu untuk soto banjar yang bening atau keruh bro? trims :)

  3. Katupat Kandangan

    KETUPAT! Setiap orang pasti mengenal jenis makanan ini, beras yang dimasak dalam urung ketupat. Makanan ini dianggap istimewa, karena selalu ada setiap hari raya Idul Fitri. Beda dengan makanan sejenisnya seperti lontong atau lemper. Selain istimewa ternyata ketupat sarat makna.

    Dibuat dari tiga lilitan anyaman janur, ketupat pun punya makna bagi umat muslim. Tiga lilitan ini perlambang dari tiga hal yang wajib dikerjakan, syahadat, shalat dan puasa.

    Ketupat biasa juga disebut kupat. Ku penggalan dari kata mengaku dan pat penggalan dari kata lepat (salah). Sehingga kupat berarti mengaku lepat (mengaku salah). Ini bermakna seseorang itu lebih baik mengaku salah dari pada mengaku benar. Hal ini biasanya menjadi tradisi menarik di berbagai tempat saat lebaran, saling meminta maaf.

    Bersamaan dengan perayaan lebaran itulah ketupat tak pernah dilupakan. Jadi rasanya tak afdol lebaran tanpa ketupat. Bahkan beberapa hari selepas lebaran, suasana hari kemenangan pun masih terasa kental. Dalam sepekan acara silaturahmi masih digelar, dengan menyajikan beragam makanan termasuk ketupat.

    Biasanya penyajian hidangan ketupat dilengkapi sayur sambal goreng kacang dan opor ayam. Termasuk tradisi lebaran ketupat oleh sebagian masyarakat Jawa, sepekan setelah lebaran 1 Syawal.

    Selain masak opor, ketupat bagi masyarakat Banjar sangatlah familiar. Berbagai masakan Banjar disajikan menggunakan ketupat. Sebut saja ketupat Kandangan yang populer. Ketupat disantap bersama kuah santan dengan campuran ikan gabus atau haruan. Ditambah sambal terasi, sangat pas untuk sarapan atau dimakan sore hari.

  4. Mandai Basang; Goreng Kulit Cempedak (tiwadak)

    Dalam kebudayaan Banjar juga mengenal berbagai macam jenis makanan dan minuman, masakan yang ada di daerah Kalimantan Selatan biasanya unik dan menyesuaikan dengan bahan makanan yang ada di sekitar. Seperti jenis masakan yang satu ini, namanya Mandai Basang atau kulit buah Tiwadak (cempedak) yang digoreng. Orang Banjar menyebut kulit cempedak sebagai mandai ada juga yang menyebutnya dami. Banyak orang yang bingung dan tidak tahu dengan masakan dari kulit cempedak ini, bahkan ada beberapa kenalan saya yang tidak pernah memakan mandai ini padahal lahir di Banjarmasin. Rata-rata komentarnya ketika sudah merasakan “ai nyaman lah sakalinya” (ah enak ternyata), entah kenapa ada saja orang Banjar atau orang yang sudah lama tinggal di daerah Kalimantan Selatan yang tidak tahu jenis makanan ini.

    Mandai sudah lama dijadikan lauk alternatif bagi orang Banjar, kalau hanya mengingat untuk memakan buahnya kebanyakan orang tidak terpikir untuk memanfaatkan kulitnya. Sebelum diolah, kulit cempedak dikupas bagian luarnya sehingga tampak putih kemudian dibersihkan. Nah, bagian inilah yang disebut mandai atau dami tadi, setelah menjadi mandai biasanya tidak bisa langsung digoreng tetapi harus direndam lebih dulu di dalam air selama beberapa jam. Lamanya merendam tergantung yang punya niat memasak, seperti mandai di rumah saya sudah sebulan masih saja direndam karena tidak tiap hari memakannya. Dengan direndam ini daging mandai akan menjadi lunak sehingga saat digoreng nanti lebih mudah dan hasilnya lebih enak seperti menggigit daging.

    Berikut ini resep sederhana untuk memasak mandai:

    Bahan : kulit cempedak yang sudah dibersihkan (mandai), minyak goreng

    Bumbu : brambang/bawang merah, bawang putih, lombok merah/hijau, garam. semua bumbu secukupnya.

    Cara membuat :

    kulit cempedak yang sudah dibersihkan dipotong-potong, besarnya tergantung keinginannya ada yang suka potongan besar ada juga yang kecil-kecil.
    bumbu-bumbu dikumpulkan kemudian dihaluskan bersamaan.
    campurkan mandai tadi ke dalam bumbu, dioles-oles atau cara apa saja yang penting mandai dan bumbu menyatu.
    panaskan minyak goreng, tunggu sampai panasnya merata agar menggoreng mandainya mudah.
    yang terakhir gorenglah mandai di dalam minyak yang sedang panas-panasnya untuk mendapatkan hasil yang aduhai
    Cara menyajikan mandai sama seperti menyajikan lauk lainnya, cukup dihidangkan di dalam piring sudah bisa dinikmati oleh seluruh keluarga, apalagi dimakan dengan nasi panas, uma ai nyaman banar !! tapi bagi yang punya penyakit maag kambuhan hati-hati jangan kebanyakan

  5. mailah mambahs tentang masakan jua..maulah kacar hj nah..kasianai saurang disni kd kw mamakan masakan banua..hehehe…

    • Dasar bujur lah makanan di banua kita ne aneh2 tapi nyaman haja tarus rasa nya

  6. Saudara Yudha, saya heran. Apakah di Jogja tidak ada restauran yang menjual masakan banjar? setahu saya, saya pernah makan di rumah makan “…………” (lupa namaya), namun ada nasi kuning dan kopi Mataraman serta garih batanak. Hehee……
    Kalau pingin yang lebih nikmat, datang saja ke Kandangan, namun tentu saja anda harus beli tiket pesawat dahulu untuk ke Kandangan.

  7. hahaha..adai rumah makan kindai lwn bamara,tapi masakan yg ikam sambat-sambat di blog ni kdd yg djual dsni,madai,katupat,makanya jd kaganangan nah..haha….anak pbila diulah nih?n dproduksi?jgn aur mproduksi blog hj..haha

  8. Yup benar, Rumah Makan kindai….(yang rumah makannnya disebutkan disini wajib mengunjungi blog ini). Hehee…Alhamduliilah masalah anak, Istriku sudah mengandung 2 bulan. Do’akan saja, moga saya dan istri serta cabang bayi saya sehat selalu.

  9. amiiiin….di kandangan byk whini warnet jar?asik bnr whini leh…kam nyaman di rumah on line trus…hehehe…saurang dsni mun kd k warnet tau k hotspot area..uyuh btak2 laptp…handak mamasang jua d kost klo duit bulanan ku hbs hgn INTERNET JA,PAKSA MAKAN UYAH HJ SABULANAN…HAHAHA

  10. Makasih saudara Yudha, iya banyak warnet sekarang. Malah yang jaga salah satu warnet tersebut adalah sang gitaris kita “Wahyu Amrullah” Hehee….
    Alhamdulillah sih sekarang bisa dirumah saja sambil mengelilingi dunia dengan www. O ya kalau saudara Yudha ingin buka internet dirumah, bisa kok anda datang ke Telkom terdekat, kalau tidak salah telkom speedy sudah turun tarifnya, dengan biaya 200 rb anda sudah bisa menikmati akses internet di rumah atau ditempat kost. Para mahasiswa yang kost disana bisa patungan kok. benar…..samperin aja ke telkom terdekat.

  11. Saudara Yudha, teman-teman kost anda pasti setuju. cuma 200 rb kok perbulan. Lagian itu kan bukan untuk hura-hura dan menambah wawasan anda tentang dunia, ditambah lagi dengan anda tidak perlu menenteng2 laptop mencari hot spot. Kalau tidak salah 081952909933. Saudara Yudha, nanti saya minta fhoto2 teman-teman sekalian di Kost atau Asrama ya? Insya Allah akan saya pajang di Blog saya ini. kirim ke Email saya.

  12. Ass wr wb
    Alhamdulillah, akhirnya bisa lihat Kandangan lagi walau hanya di dunia maya. Blog milik pian mengobati rasa rindu saya akan kota Kandangan tempat saya bertugas 2,5 tahun lamanya sejak Nopember 2005 – Agustus 2008. Moga-moga isinya selalu makin kreatif dan memuat berita dan foto-foto keeksotisan alam pemandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sehingga dapat saya perkenalkan pada teman – teman di tempat tugas baru saya.
    Wassalam

  13. umai lahhhh…aku urang banjar bagana di bogor…asa kaciuman nah harum mandai sampai ka sini

  14. katupat iwak bapanggang …yaman tu…pang.

  15. masak habang jar kami dirumah masak bumburujak iwak haruan gin nyaman jua…tapi kd ingat pang resep & cara masaknya..mama dirumah pang nang bisa dan paling nyaman masaknya…kaganangan lawan sidin. I love you Mam..

  16. Mun masalah makanan banjar saurang katuju banar nah apalagi mun ada nang mambawai makan ka warung nang di bilui tu pas wan salera banjar tenan..he,.he

  17. asssalammualaikum.. wr wb,..

    nyaman.. bangat mandai..

    oi.. bubuhan.. ada yang tahu leh.. cerita lamut, kasan mandi.. mun ada di download dimana,?

    terimakasih…

  18. saitu ajakah masakan banjar, hah banyak lagi, panggan kaluk,tim iwak, haruan masak habang, nasi kuning,gangan waluh, gangan bahampap, wah masih banyak kawallai….
    salam kami dirantau lah, mudah2han maju aja, jangan kalah dan katinggalan.
    thx
    MB

  19. Assalam’alaikum:
    Ulun handak umpat batakun resep maulah bumbu masak habang, ini pang handak maarai-akan masakan Banjar wan kakawalan di sini. Kai ulun urang Kandangan, urang Sirih,….ngaran sidin H. Zafry Zamzam, amun Nini urang Pahlawan.

  20. Emang mantap banget kandangan tu.. udah udaranya sejuk, makan nya juga enak… apalagi ketupatnya alama… asoy… deh.. ku cinta kandangan

  21. Kd sbr lg hdk mudik k bnua nah, sdh 7 bln kd trasai mskan kuitan papuyu bbnam, wn smbl binjai

  22. Ass..Bubuhan…
    Ngaleh ny pang handak mancari resep hayam masak puteh (opor banjar)…
    kirimi pang..handak masak hagan hari raya..
    makaseh lah

  23. ULun dari Batam
    ngaleh bangat d sini ncari makanan banjar
    urang banjar gen jarang tatamu

  24. nang palig gampang maulahnya = CACAPAN cing!ai
    salam kenal barataan dari ulun sakeluarga,,,,,,,,,,,,,,,,UCING_GARONX@YMAIL.COM

  25. gangan humbud wan gangan rabung nyaman bnar!!! katuju kami sakaluarga

  26. sip nah boss ay..ada resep masakan banjar….mun ada tambahi lagi, wadai-wadai kah jua, (yaman manyuruh Leh….) kalau boleh tahu di mana dapat…
    batakun-takun nah lawan nang bisa…?

  27. Mantap boz ai.Membacax z sdh m ulah titikan liur, ap lg jaka ad di hadapan saurang.
    Selamat menggali masakan banjar z, terus berkarya lewat tulisan wan jgn pernah bosan tuk posting.
    Ulun dukung 100% sebagai warga Kandangan.
    Salam Kandangan Cing ai….

  28. wahhh… keren juga nih blog… bikin laper aja… wkwkwkwk… cuma masih ada yg kurang… sebaiknya dimasukin juga cara bikin kue-kue banjar… sekarang kayaknya udah menipis yg kue-kue khas banjar… kan sayang… sebagai asli urang banua… wajib kita lestarikan… terutama buat generasi muda sekarang…

  29. kereeeen…..

  30. kita orang kanada jua han, katuju banar wan iwak haruan atawa papuyu di tanak wan balimbing tunjuk umai asa karindangan wan banua.he he he

  31. aku orang mataraman.. kada jauh dari kandangan kira-kira sdah smpai. aku suka dodol kandangan hehe

  32. ass…aku urang banjar asli nah…tapi wayah ini PNS di Medan.umay ay..asa kaganangan lawan dodol kandangan apalagi katupat kandangan…banyak dangsanak kuliah ku di kandangan…salam sabarataan.kasian aku nang jauh di Sumatera, HORASSSS…

  33. assalamualaikum pada bangsa banjar di indonesia, saya orang malaysia, saya juga keturunan banjar alai, bisakah kalian mengajar saya bahasa banjar, kerana saya teringin sekali belajar bahasa ibunda saya.

  34. Masakan Khas banjar djogya dmn yu, selain di kindai.

    Mohon infonya lah buhan’y….

  35. alhmadlh asalnya sebelum ramadhan masakan banjar ngalih banar di cari di bppn,tapi pas ramadhan sakahndak mencari masakan banjar,iwak patin masak asam lwan wadai amparan tatak mantap banar….

  36. I will right away seize your rss feed as I can’t to find your e-mail subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any?
    Kindly let me understand so that I may just subscribe.
    Thanks.

  37. Gimana yah cara membuat dodol kandangan rasa original..pian tahu kah resep dan caranya ulun handak blajar msak dodol..gasan cemilan d rumah..soalnya ulun pecinta berat dodol kandangan rasa original.mhon balasannya..

  38. I have to say I really adore your space, the way you write is fantastic!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: