Oleh: kandanganhss | April 30, 2008

Safi’i Menangkan Pilkada HSS

Akhirnya Pasangan M Safi’i-Ardiansyah yang diusung koalisi partai Islam meraih suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang digelar Senin (28/4).

Perolehan suara duet yang dimotori Partai Keadilan Sejahtera (Andih Ardi) ini mengungguli jago dari PDI Perjuangan, Arifin Noor-Anwar Hamidy, dan Bahdar Djohan-Syamsuri Yusup yang diusung Partai Golkar (H. Husasi pemborong) dan delapan partai kecil.

Hasil penghitungan suara sementara KPUD HSS, duet Safi’i-Ardi yang berikon SA meraup 44.357 suara atau 49 %. Posisi kedua ditempati pasangan Arifin Noor-Anwar Hamidy dengan 26.148 suara atau 29 %. Sementara pasangan Bahdar Djohan-Syamsuri meraih 19.160 suara atau 21,37 % (jar buhan KPU)

Total jumlah suara yang masuk ke KPU hingga pukul 17.00 Wita mencapai 89.665 dari 146.506 jumlah pemilih tetap. Artinya masih tersisa sekitar 56.841 suara, termasuk di dalamnya pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPUD HSS ,Imron Rosyadi, mengatakan, sesuai kesepakatan penghitungan secara manual dilakukan hingga pukul 17.00 Wita.

“Penghitungan dilanjutkan Selasa (29/4) di kecamatan masing-masing sambil menunggu data dari beberapa TPS yang belum masuk,” ujarnya.

Pantauan karyawan kandanganhss.wordpress.com, pilkada langsung pertama di HSS berjalan lancar dan aman. Namun beberapa kali Helikkopter milik Polda Kalsel mengitari kota Kandangan (termasuk di atas TPS 1 Baluti nang salah satu petugasnya adalah karyawan kandanganhss.wordpress.com)

Sejumlah calon bupati dan wakil bupati menggunakan hak pilihnya di masing-masing tempat tinggal. Sementara calon bupati Arifin tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena tidak memiliki KTP HSS (makanya kena beulah pa’ai)

Pilkada dijaga cukup ketat oleh aparat keamanan dari kepolisian dibantu TNI. Sejak pukul 08.00 Wita warga sudah memenuhi tempat-tempat pemungutan suara. Meski secara umum unggul perolehan suara, namun di TPS 16, tempat Safi’i mencoblos di Jalan M Johansyah, Kecamatan Kandangan, dia kalah tipis dari pasangan Arifin Noor-Anwar Hamidy. Dari 192 surat suara sah, M Safi’i-Ardiansyah meraih 85 suara, sementara Arifin Noor-Anwar Hamidy meraup 86 suara. Pasangan Bahdar Djoehan-Syamsuri Yusup memperoleh 21 suara.

Sementara di TPS 18 Jalan Musyawarah, Kecamatan Kandangan, tempat Bahdar Djoehan mencoblos, duet M Safi’i-Ardiansyah berada di posisi ketiga dengan 42 suara. Suara terbanyak diraup duet Arifin-Anwar yang meraup 72 suara disusul pasangan Bahdar-Syamsuri dengan 65 suara.

Namun, di TPS 1 Desa Gambah Luar Muka, Kandangan, tempat Ardiansyah mencoblos, pasangan Safi’i-Ardi meraup 76 suara, disusul Arifin-Anwar sebanyak 62 suara dan Bahdar-Syamsuri 11 suara.

Secara umum pasangan Safi’i-Ardi menguasai Daha Utara yang memang merupakan basis suara Safi’i. Duet ini juga mampu mencuri suara cukup besar di beberapa kantong suara yang menjadi basis Arifin-Anwar dan Bahdar Djohan-Syamsuri. Raihan suara Safi’i-Ardi di kantong-kantong rivalnya rata-rata di atas 2.500 suara.

Keberhasilan Safi’i-Ardi mencuri banyak suara di kantong rival, dikarenakan Ardiansyah adalah putra Kandangan. Di Kandangan dan Angkinang, duet Safi’i-Ardi mampu bersaing ketat dengan pasangan Arifin-Anwar.

Safi’i menguasai Daha Utara, Daha Barat Telaga Langsat, dengan perolehan suara cukup signifikan. Menurut data Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) HSS (sapakah urangnya kada ingat batakun) heheee.., di Daha Utara duet Safi’i-Ardi meraup 11.960 suara. Penghitungan KPUD HSS, di daerah itu duet Safi’i-Ardi meraih hingga 14.166 suara.


Responses

  1. Selamat kepada Bupati Terpilih 2008-2013. Semoga bapak-bapak yang akan memegang amanah rakyat ini tidak mengadakan pesta selamatan/ syukuran setelah kemenangan ini……! Karena pada hakekatnya jabatan itu adalah amanah dan fitnah yang amat besar. Pada zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, bila ada salah seorang sahabat ditawari memegang jabatan selalu menolak karena takut tidak bisa memegang amanah….bahkan mereka menangis….karena akhirnya dipaksa juga. Saat itu tidak ada orang yang menginginkan jabatan.

  2. yup. bujur banar. Thank buat al ideris.

  3. salam,pertama-tama ulun mengucapkan selamat atas on linenya blog yg dimotori oleh kwn kita ini,yaitu Anton..sangat bermanfaat sebagai mediasi suara-suara rakyat HSS ..mengomentari dari the winner of the leader in hss,yaitu bapak Syafii yang terhormat,saya ucapkan selamat atas kemenangannya…kita mengetahui bahwa dalam prkatek pemerintahan adalah suatu yang sulit merupakan prakteknya daripada teori(baik itu juga janji-janji dalam kampanye),maka adalah suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi masyarakat HSS apabila bupati yang dipilihnya ini sungguh2 menjalankan tugasnya dengan tujuan kesejahteraan rakyat hss(di segala aspek kehidupan tentunya)apalagi dengan keadaan hss sekarang ini, kemiskinan masih 25 persen dari seluruh jumlah penduduk HSS(Banjarmasin post.com,),hasil bumi dan tambang yang berlimpah namun rakyat hanya bisa menghirup debu dan abunya saja,kemajuan pendidikan yang masih jauh ari harapan(baik dalam hal ini kesejahteraan guru yang masih jauh dari mimpi indah),dan hal-hal lain yang masih jauh dari harapan rakyat ,apalagi bapak syafii yang terhormat ini telah mengenyam jabatan bupati hss sebelumnya,maka beliau seharusnya belajar dari kesalahan ataupun kelebihan dari kinerja beliau sebelumnya agar kinerja beliau di masa pemerintahan yang akan datang ini menjadi lebih maksimal dan pro kepada rakyat kecil!semoga semua dapat terilialisasi dengan baik!amiin…dan kepada para pemuda-pemudi hss,ayo kita bangkit,jangan hanya tau bejalanan sore2,pacaran,nongkrong2 ja(walaupun hal itu juga penting,hehehe),namun kita sebagai kaum muda hss harus idealis dan kritis memonitoring kinerja pemerintah,bukankah yang menggulingkan orde baru adalah mahasiswa(kaum muda),ataupun peristiwa malari,dan lain2 yang menjadi motornya adalah kaum2 muda..maka apabila ada kinerja pemerintah yang dirasa kurang pas,maka kita wajib menganalisis dan mempertanyakannya kepada pemeritah,baik melalui tulisan di media ataupun melakukan aksi langsung…kita sudah di masa reformasi man,kebebasan kita untuk beragumentasi,berpendapat,dan berorganisasi dijamin dangsanakai oleh konstitusi,jadi jangan takutan kalau yang kita lakukan itu untuk kemajuan daerah kita tercinta ini(blog yang diulah kwn kita ini jua merupakan media untuk menyuarakan aspirasi rakyat,bravo to Anton,tau sambil nongkrong di warung di muka SMP 5,Depot Ghina,Depot AA,blauran,dan tempat nongkrong lainnya yang kita bicarakan adalah kinerja pemerintah,kekurangan-kekurangan pemerintah,ky apa memajukan daerah kita,dll)…jadi mari segenap masyrakat hss,bupatinya,pejabat-pejabat daerah,anggota DPR,sebarataan lah,mari kita bangun hss ini kerah lebih bagus lagi,HSS adalah rumah kita,tanah kita,tempat lahir dan mati kita,apakah kita kada iri dengan kota-kota lain yang sudah sukses dalam mensejahterakan rakyatnya!!!ayooo HSS bangkit,never give up….salam sayang dan cinta kepada dangsanak-dangsanak sebarataan dari saya di Jogja…Wassalam

  4. Saudara Yudha, Anda benar. Pemuda-pemuda kita sekarang lebih enak hidupnya dari dulu. Saban sore bahkan malam sering “meukur jalan”, mereka tidak tahu kalau mencari uang untuk operasional kegiatan hura-hura mereka adalah sulit. Ditambah lagi dengan rencana kenaikan BBM. Mari pemuda HSS, kita bersatu padu agar Kandangan tidak tertinggal dari kab. lain.

  5. saurang te padahal ktju jua ky itu dsni(refresing jar org tu),namun harus dibarengi jua lwn hal2 hal yg bermanfaat,khusunya pemuda-pemudinya,kita penerus pemimpin HSS yg akan datang kena…apalagi yg kuliah jauh2,bila sudah lulus jgn bgwi n muntungakan banua orang namun bulik k banua,implementasi n aplikasikan ilmu yg didapat di bangku kuliah hagan kemajuan HSS…hagan banua n anak-anak cucu kita jua…n lwn pemerintah jua banyak2 hj mambuka lowongan pekerjaan,..hehe…n pemuda-pemudinya mungkin bisa berorganisasi membentuk LSM,baik di bidang pendidikan,kemiskinan,pertanian(anton banget hehe),dan bidang lain2..n minimal kita kritis lwn keadaan banua kita sekarang ini…ton blog kam ni harusnya dipromosiakan lwn bubuhan pejabat daerah,lsm,n lain2 di kandangan biar jdi ajang tukar pikiran sebarataan….bagus.bagus

  6. Saudara yudha, seharusnya memang begitu…..seharusnya pemkab kita punya semacam program “mengkuliahkan mahasiswa” ke luar daerah. setelah itu, sang mahasiswa dipekerjakan di HSS. Insya Allah Kandangan bisa maju, Ayo Dinas Pendidikan Kab. HSS (mana komentarnya)…..????!!!
    Saya memang merencanakan akan mempromosikan blog ini kepada seluruh masyarakat yang merasa orang kandangan, baik itu asli atau keturunan. Namun, saya sedikit pesimis, situs resmi kab. HSS yang pernah saya kunjungi, tidak pernah di update dari tahun 2006 (terlalu….!!!!!) Pemerintah kab. HSS sepertinya masih gaptek, tertingal jauh dengan masyarakat awam. Kasihan.

  7. hahaha..uma ampunam tahun 2006 kd biasa diupdates2…mknya dari blog ky ampun kam niaai diharapkan bisa tukar pikiran…gaptek bnr leh..ampuuun…

  8. Saudara Yudha jangan terlalu banyak menyanjung saya, blog saya belum genap berumur 1 bulan kok, dan baru ada 134 pengunjung termasuk anda, tampilannya juga jelek banget hehee… dan masih banyak masukan dari orang-orang yang kritis seperti saudara Yudha agar blog ini bisa mendekati kata sempurna. Dan mengenai bisa diterima tidak oleh masyarakat HSS, itu tergantung masyarakatnya sendiri, namun saya optimis masyarakat kandangan mau maju, salah satunya dengan mediasi internet. Tau pemkabnya……hi hi hi

  9. hahaha..namun blog kam ni dah memulai jalannya,walaupun baru lahir…lebih baik ada daripada kdd sama sekali…semakin tuha semakin matang,itu yg kita harapakan…mungkin bisa jua pdhi buhannya yg main di friendster,banyak jua buhan kandangan yg online di FS tuh..

  10. yuja kucoba konek buhannya yg aktif di Friendster…wahyu amrulah mainan FS jua whini..OK..itu yg kutunggu dari tadi,hehe…sekalian mengasah kemampuan menulis saurang tonai ak hakun ja…upahnya kena ja pas di kandangan..hahahaha

  11. Saudara Yudha, jika ingin jadi penulis di Blog saya, silahkan kirimkan tulisan anda lewat email ke Anton_kandangan@yahoo.com beserta fhoto lebih bagus. Nanti akan saya muat. Ok?

  12. MUN RESENSI BUKU PUNK TON BOLEH LAH JUA?

  13. Saudara Yudha, Kalau anda mau menulis Resensi Buku, silahkan saja. Nanti saya tambah halaman (kategori) dengan judul resensi buku, tapi kalau menulis resensi buku harus lebih dari 3, agar lebih menarik.

  14. salam kenal ja lawan nang bIsi blog nah dari Hadi warga HSS yang ada di Yogyakarta….

  15. salam kenal dari urang kandangan jua

  16. anda punya blog atau tertarik dengan dunia blog, saya undang anda
    untuk gabung dengan komunitas blogger kalsel silakan register di
    http://kayuhbaimbai.org atau kontak saya di 085251534313/7718393

    salam blogger
    chandra

    Mmm….Tawaran Menarik. Kami juga lagi gencar-gencarnya bikin komunitas blogger kandangan, mohon bantuannya serta arahannya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: