Oleh: kandanganhss | Mei 21, 2008

Personal Blog VS Money Blog

Di zaman sekarang, sudah banyak orang yang mempunyai blog sendiri. Jenis blog yang beredar juga berbagai macam, dari blog para ABG yang sekedar mau gaya dan having fun sama temen2nya, blog yang membahas ttg musik, ttg anime, ttg mobil, ttg handphone, ttg makanan, dst.

Semua jenis blog seperti yang disebutkan diatas secara umum bisa di categorikan dalam 2 tipe blog:

– Yang pertama adalah Personal Blogging, atau dengan kata lain blogging untuk sekedar fun, sharing informasi, memberi pendapat dan opini terhadap suatu topik tanpa mengharap mendapatkan uang.

– Yang kedua adalah Money Blogging, atau dengan kata lain blogging yang bisa mendapatkan uang/profit.

Sekarang mari kita lihat ciri-ciri kedua tipe blog ini.

Personal Blogging biasanya menggunakan blogging platform yang gratis seperti Blogger.com dan WordPress.com sehingga *Hampir*semuanya bener2 gratis. Tidak perlu beli domain, tidak perlu sewa hosting, yang perlu anda keluarkan hanya listrik komputer dan koneksi Internet anda.

Money Blogging pada umumnya menggunakan blogging platform seperti WordPress.org (beda dengan WordPress.com) dimana kita harus mengeluarkan duit untuk membeli domain dan sewa hosting. Ada juga sih yang menggunakan blogging platform gratis seperti Blogger.com.

Yang manakah anda?

Atau anda belum punya blog?

Banyak orang masih tidak tahu bahwa nge-blog bisa mendapatkan duit. Coba mereka tahu, kira2 mau ga ya mereka berpindah dari Personal Blogging ke Money Blogging? P

Contoh yang nyata adalah teman saya. Sebut saja A. Ketika saya menjelaskan kepada A blogging itu bisa menghasilkan duit, ia bingung dan tidak percaya.

Ia bilang “Masa sih? Bukannya nge-blog itu cuma sekedar having fun dan menceritakan apa saja yang ingin kita ceritakan?”

Saya jawab “Betul, hanya saja orang2 seperti ini tidak ‘me-monetize’ blog mereka supaya bisa dapat uang. Mereka hanya doing it for fun, dan tidak dibayar.”

‘Me-monetize’ blog anda artinya mendapatkan uang dari blog anda. Kata ‘Monetize’ berasal dari kata ‘Money’.

Jadi, apabila anda sudah punya blog tapi hanya masih dalam tahap Personal Blogging, mengapa tidak dirubah menjadi Money Blogging sehingga anda bisa mendapatkan duit dari blog anda?

Anda tetap akan melakukan posting dan update blog anda seperti biasa, hanya saja dengan modifikasi area (space) tertentu di blog anda, anda bisa ‘me-monetize’ blog anda.

Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan memasang iklan Google Adsense (apabila blog anda dalam bahasa Inggris tentunya), sehingga setiap kali pengunjung klik iklan Adsense anda, anda dibayar oleh Google.

Apabila blog anda dalam Bahasa Indonesia, anda bisa memasang iklan KlikSaya atau KumpulBlogger untuk mendapatkan uang.

Mendapatkan duit dari iklan hanyalah salah satu cara mendapatkan duit lewat blog, masih ada cara lain yang akan kita bahas di artikel-artikel selanjutnya.

Apabila anda masih belum mempunyai blog sampai saat ini, mengapa belum punya? Lumayan lho dapet duit dengan nge-blog….hehehe

Untuk membuat sebuah blog cukup sederhana dan simpel. Anda hanya perlu mengetik content anda lalu klik ‘publish’ dan posting pun akan muncul seketika. Jauh lebih gampang dari pada menggunakan Frontpage atau Dreamweaver untuk membuat website anda.

Pada awalnya ketika blog anda baru lahir, tentunya akan kesulitan mendapatkan pengunjung. Tidak apa2, terus menulis dan memberikan content yang bermanfaat di blog anda secara konsisten!

Jadi anda termasuk yang mana? Money Blogging atau Personal Blogging?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: