Oleh: kandanganhss | Mei 23, 2008

Pengantar Membuat Blog

Apakah kamu gemar menulis? Apakah selama ini kamu tergolong sastrawan kamar atau sastrawan PC – yang kerap menimbun hasil karya hanya di ruang privasi? Atau apakah kamu seringkali memiliki ide-ide atau pemikiran-pemikiran yang maunya sih disalurkan lewat media masa ( surat kabar, majalah dsb), namun hampir-hampir nggak pernah kesampaian?

Nah, masalah kamu kini bisa terpecahkan! Karena di internet kini banyak layanan Weblog / Blog yang membutuhkan tenaga penulis dalam jumlah tak terbatas, dengan tanpa kualifikasi apapun! Hebatnya, dengan menjadi penulis weblog kamu sekaligus diangkat menjadi Pemimpin Redaksinya (bahkan termasuk sebagai lopernya!).

Media Berekspresi

Weblog yang kemudian lebih popular disebut blog merupakan situs pribadi yang biasa digunakan oleh pemiliknya sebagai diary / catatan pribadi secara online. Pemiliknya kerap menjadikan blog sebagai media ekspresi tentang segala hal yang mereka alami, tentang keprihatian-keprihatian mereka dalam berbagai sendi kehidupan. Namun berbeda dengan diary dalam pengertian biasa yang amat bersifat pribadi, Blog sebagai diary biasanya bersifat publik.

Setiap penjelajah dunia maya bisa mengaksesnya. Dengan beberapa teknik promosi sederhana, sebuah blog bisa memiliki jumlah pembaca yang tidak sedikit. Blog yang dilengkapi dengan tools Sitemeter , bisa mendeteksi lalulintas pengunjung blog tersebut dalam hitungan detik. Situs Blog www.instapundit.com yang dikelola oleh Glenn H. Reynolds, seorang Profesor Hukum, kini memiliki pembaca tak kurang dari 45.000 orang dalam sehari!!!

Keunikan sebuah blog dibanding dengan situs pribadi terletak pada sifatnya yang interaktif. Dengan tools commenting system , seorang pengunjung bisa memberikan komentar, masukan, hingga kritik terhadap suatu tulisan. Wajar jika kemudian, catatan pribadi di Internet ini kemudian dengan cepat berkembang menjadi sebuah komunitas sharing, diskusi dan bertukar informasi.

Di luar negeri, tidak sedikit blog yang dikelola oleh sebuah team, secara professional, diupdate berkala dengan mengambil suatu bidang perhatian khusus. Misalnya www.blogcritics.org yang menyempitkan daerah penulisannya pada masalah-masalah seputar musik, film, buku dan gaya hidup. Atau juga www.nanodot.org yang banyak mengulas masalah-masalah iptek.

Di Indonesia sendiri ( Indonesia atau luar negeri hanya mengacu pada pemiliknya, bukan lokasi, karena banyak penulisnya adalah orang Indonesia yang berdomisili di luar negeri) blog berkembang sebagai hobby. Umumnya kaum Blogger Indonesia datang dari kalangan mahasiswa dan professional muda. Hampir bisa dipastikan, mereka adalah orang-orang yang gemar menulis. Belakangan, banyak jurnalis dan publik figur yang juga memiliki Blog. Sebut saja macam Angelina Sondakh, Tiara Lestari, Wimar Witoelar, Fira Basuki, FX. Rudi Gunawan dari kalangan publik figur yang hingga tulisan ini dibuat masih rajin mengupdate blognya. Dari kalangan jurnalis beberapa di antaranya adalah : Budi Putra, Pujiono, Dodi, Andreas Harsono, Farid Gaban, dsb.

Bahkan kini banyak kalangan aktivis dan LSM yang menggunakan media blog untuk mensosialisasikan pemikiran atau issu-issu sesuai dengan pusat keprihatinan masing-masing. Situs konvensional yang terasa kaku dan tidak interaktif (baca = demokratis) dirasa sudah tidak sejalan dengan semangat mereka memperjuangkan demokratisasi. Beberapa di antaranya : Indoprogress yang dibuat oleh Martin Manurung dan Coen Husain Pontoh , Srikandi Demokrasi Indonesia , Paras Indonesia , dsb. Namun sayang, masih ada beberapa LSM yang – walaupun menggunakan fasilitas blog – tapi tidak mengijinkan visitor untuk memberikan tanggapan (comment)

Bagaimana Mulai Membuat Blog?

Ada banyak penyedia layanan Weblog di Internet, mulai dari yang gratisan hingga yang harus merogoh kocek. Untuk pemula, ada baiknya mencoba dulu layanan gratis di www.blogger.com . Ini adalah penyedia layanan blog tertua semenjak dikembangkan tahun 1997, yang beberapa tahun silam telah dibeli oleh Google. Hanya dalam hitungan menit kamu telah bisa mempublikasikan tulisan kamu di dunia internet via blogger.com !

Atau jika kamu telah sedikit paham tantang bahasa html dan script-script pemograman web, kamu bisa menggunakan script-script siap pakai yang bisa didownload secara gratis. Salah satu yang menurut saya cukup powerful dan user friendly adalah WordPress (seperti yang sekarang saya gunakan ini). WordPress menyediakan banyak plugin serta theme yang bisa mempercantik tambilan blog kamu. Kamu bisa mendownloadnya di sana. Namun, untuk model macam ini, kamu harus memiliki hosting (bisa gratis bisa yang bayar) dan harus mendukung bahasa pemograman web macam PHP. Mau buat yang model macam ini, coba cari hosting berbasis php di : free-webhost

Fasilitas Blogging yang yang hampir-hampir siap pakai (nggak perlu ngerti bahasa HTML dsb) dan nggak perlu pusing mikirin hosting
Fasilitas Blogging yang membutuhkan sedikit pengetahuan ttg script / bahasa pemograman web)
blogger WordPress
blogsome Movable Type
blogdrive pMachine
blog-city TypePad
blog-indosiar b2evolution
ngeblog.web.id nukleus
blog boleh.com

Jika kamu memutuskan untuk memiliki hosting untuk membuat blog, pilihlah yang menyediakan fasilitas fantastico. Fantastico adalah kumpulan script siap pakai yang terintegrasi pada hosting milik kita. Biasanya fantastico menyediakan beberapa fasilitas blogging (WordPress, pMachine, b2evolution, nukleus – tergantung hostingnya). Tinggal dilakukan proses penginstalan kecil-kecilan (asal klak-klik tok!) maka jadilah blog kamu! Jadi kamu nggak usah repot-repot mendownload script blogging semacam WordPress lagi, lalu menguploadnya ke hosting milik kamu! Kan jadi nggak kerja dua kali!

Hampir semua hosting bayar menyediakan fasilitas fantastico (untuk memastikannya, cek di menu fasilitasnya). Namun untuk yang gratisan memang nggak banyak yang sebegitu baik menyediakan fantastico. Mau coba yg gratis dulu? Coba masuk ke : gig4free, 1freehost atau MyCHost

Saran : Gunakan WordPress.com !

WordPress selain memberikan fasilitas script jadi (yang mesti di install pada hosting – seperti blog saya ini), ternyata menyediakan hosting gratis juga. Maka jadilah kita nggak usah repot-repot beli hosting (atau cari hosting gratis). Tinggal buat account dari WordPress.com, lalu mengikuti beberapa prosedur yang mudah, maka jadilah kita memiliki Blog dengan fitur bagus pada hosting yang gratis sekaligus. Jadi WordPress.com itu mirip dengan www.blogger.com. Jika pada http://www.blogger.com nantinya url blog kamu akan berbunyi “blablabla”.blogspot.com, maka di wordpress.com, blog kamu akan menjadi “blablabla”.wordpress.com. Kenapa kok bagusan wordpress ketimbang blogger ? WordPress menyediakan banyak plugin tambahan mulai dari penangkal spam sampai script menampilkan mini blog (catatan kecil di sidebar). WordPress juga menyediakan banyak pilihan theme (tampilan blog), bahkan bisa saja kita ganti dengan mudah tiap hari. (Tiap hari dengan wajah baru !!!).

Untuk ajang berdiskusi, wordpress juga unggul ketimbang blogger. WordPress menyediakan fasilitas pingback, dimana ketika salah satu postingan kita disebut(tertulis urlnya) di blog lain (yang juga memakai wordpress), maka otomatis kita bisa mengetahuinya dari daftar komen di blog kita. Kusut ya?

Misalnya, tulisan kita suatu saat ditanggapi secara panjang lebar oleh orang lain. Namun si penanggap menanggapinya tidak lewat commenting system yang ada di blog kita. Ia memilih menanggapi lewat sebuah postingan di blognya sendiri, dengan memberi rujukan kepada blog kita – sebagai blog yang ditanggapi. Biasanya rujukan berupa penyebutan URL postingan kita. Nah, ketika ada orang yang melakukan seperti itu, kita otomatis bisa mengetahuinya karena di daftar komen kita akan muncul “pingback” atau potongan postingan sipenanggap, beserta URLnya. Contoh saja deh biar gampang ) :
http://yuljeworo.sekolah-bisnis.com/?p=60#comment-433

Silahkan coba di http://wordpress.com/. Sedangkan untuk mendapatkan plugin bisa masuk ke : http://wordpress.org/extend/plugins/

Catatan : Jika Anda ingin mengikuti layanan Google Adsense, jangan menggunakan wordpress.com sebagai layanan bloggingnya. WordPress.com tidak mengijinkan penambahan adsense dalam bentuk apapun. Adsense – terutama milik Google – amat cocok digunakan di Blogger.com (ya iyalah … bos-nya sama!!)

Membangun Komunitas Blog

Setelah kamu memiliki Blog, pekerjaan terakhir yang juga menyenangkan yaitu mulai memperkenalkan blog kamu ke publik. Publik terdekat tentu saja adalah kaum blogger sendiri. Silahkan daftarkan Blog milikmu di www.blog-indonesia.com. Ini adalah direktori blog yang ditulis oleh blogger-blogger Indonesia. Atau kamu bisa mendaftarkan blog kamu di Technorati yang dianggap sebagai direktori blog paling lengkap sedunia.

Lalu, mulailah blogwalking (melakukan perjalanan maya dari satu blog-ke blog lain). Jika kamu merasa tertarik dengan suatu tulisan di blog yang kamu kunjungi, tinggalkan komen di sana, dan tentu saja jangan lupa mencantumkan alamat url blog kamu sendiri. Biasanya, pemilik blog itu nanti akan melakukan kunjungan balik ke blog milik kita.

Jika masih ada yang dibingungkan, saya siap membantu. Kirimkan email ke alamat email saya di Anton_kandangan@yahoo.com. Memang, saya bukanlah termasuk orang yang ahli di bidang beginian, namun walau dengan kemampuan yang terbatas, saya tergerak untuk ikut memasyarakatkan blog dan membloggingkan masyarakat…. (hehe garing!!).


Responses

  1. Hi,

    terima kasih sudah menyebut nama saya dan ngelink ke blog saya. namun ada yang kurang tepat Anda sebutkan. saya bukan seorang jurnalis meskipun saya bekerja di perusahaan media. itu saja konfirmasi dari saya. thanks

  2. ulun urang banua jua nank hanyar ma ulah blog… ulun tertarik dengan artikel yang anda buat, bisa di bilang sangat bermanfaat. khususnya buat pemula seperti ulun. nah, dari pada itu ada beberapa kendala saat pertama saya mem-posting blog dan memplubikasikannya. di antaranya: kenapa blog yang telah ulun posting gak bisa di buka lewat google ?? justru hanya bisa di buka dengan mengetikkan alamt URL dikotak alamat. mohon petunjuknya terima kasih. salam kenal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: