Oleh: kandanganhss | Juni 3, 2008

Kotabaru Diterjang Air Bah

Hujan deras selama tiga jam, Sabtu (31/5) pagi hingga siang tadi menyebabkan sebagian wilayah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan terendam banjir. Tidak hanya merendam kawasan permukiman dan pertanian, banjir juga menewaskan satu orang, serta puluhan orang terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Korban tewas adalah Ona(50), warga Jalan Purwosari Gg Lima, yang menderita stroke. Korban ditemukan warga dalam posisi mengapung di dalam rumahnya yang tergenang setinggi lutut orang dewasa, Sabtu (31/5) sekitar pukul 13.00 Wita, setelah hujan reda.

Di antara korban yang harus dilarikan ke rumah sakit adalah Ito Basite (35) yang terhanyut saat ingin menyelamatkan diri dari luapan air sungai Teluk Gadang yang sudah mencapai setinggi dada orang dewasa.

Menurut keterangan istrinya, Jumiati (35), sebelum hanyut, Ito terjatuh dari sebuah pohon di lokasi gelanggang olahraga, karena ingin menyelamatkan diri. Naas, tubuh Ito kemudian terseret air bah yang bercampur dengan batang pohon, ranting, dan sampah-sampah daun yang larut dari atas Gunung Sebatung.

Ito yang sempat pinsan itu langsung dilarikan ke rumah sakit umum daerah, setelah berhasil diselamatkan warga yang melihat tubuh korban mengapung.

Korban lain adalah sejumlah pelajar Madrasah Aliyah Negeri, dan Madrasah Tsanawiyah, serta anak-anak TK Pembina. Mereka mendapat perawatan inetensif di ruang gawat darurat rumah sakit umum daerah Kotabaru, karena syok dan mengalami luka-luka kecil saat banjir tiba-tiba datang. “Mereka hanya syok dan luka kecil, tetapi setelah diberikan obat-obatan mereka sudah sembuh dan oleh dokter diizinkan pulang,” kata petugas UGD rumahsakit, Dwi Nurhayati.

Salah satu kerabat istri saya yang bertempat tinggal di Kotabaru menuturkan, Banjir tersebut datangnya tiba-tiba. Seluruh peralatan elektronik rusak akibat terendam air. Bahkan mobil mereka hanyut sejauh 50 meter, untung saja ada warga yang menghalangi mobil tersebut dengan batang kayu besar, kalau tidak mobil tersebut akan terseret arus air bah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: