Oleh: kandanganhss | Juni 3, 2008

Malaysia (Ikutan) Hapus Subsidi BBM

Sepertinya nasib negeri Jiran Malaysia akan sama seperti Indonesia, yaitu Pemrintah Diraja Malaysia akan mencabut subsidi untuk Bahan Bakar Minyak, BBM, mulai Bulan Agustus 2008 yang akan meningkatkan harga bensin dan solar.

Sebuah struktur harga baru akan membuat stasiun bensin tergantung pada harga pasar dunia, menurut Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen, Shahrir Abdul.

Selama ini Malaysia merupakan salah satu negara yang masih menjual BBM dengan harga murah, dan subsidi tahun ini diperkirakan mencapai US$ 14 milyar. Namun tidak akan perbedaan dalam subsidi bagi warga berpendapatan rendah. Pemberian uang tunai (kalo di Indonesia BLT) dan kuota BBM (pembatasan pembelian BBM) merupakan langkah-langkah yang akan ditempuh pemerintah sejalan dengan pencabutan subsidi. harga baru akan diumumkan pada hari ini (Rabu, 4/6)

Saat ini harga bensin di Malaysia adalah 1,92 ringgit atau sekitar Rp. 5.000,- yang hanya setengah dari harga BBM di negara tetangga, Singapura (Rp 10.000). Pemerintah juga sudah memberlakukan larangan bagi mobil asing untuk membeli BBM dalam radius 30 km dari perbatasan untuk mencegah mobil dari negara-negara tetangga masuk Malaysia hanya untuk membeli BBM. Sama dengan Indonesia, Malaysia juga adalah negara pengeksport minyak dan mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga minyak dunia, namun subsidi BBM telah menimbulkan tekanan bagi anggaran.

Perdana Menteri Malaysia, Abdullah Badawi, sudah meminta agar diambil tindakan drastis untuk menjamin keamanan pangan dan minyak, termasuk larangan spekulasi dalam harga minyak. Dia menyarankan salah satu cara adalah melarang perdagangan berjangka komoditas minyak.

Hmm….Minyak memang bikin Asia Tenggara Kalang Kabut. Bagaimana ya keadaan Brunei Darussalam? Kita Tunggu saja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: