Oleh: kandanganhss | Juni 3, 2008

Mari Kita Tinggalkan BBM

Ketika harga minyak dunia mengalami kenaikan harga, hampir semua negara menjerit….tidak terkecuali Amerika Serikat. Ramai-ramai negara yang boros dalam pemakai minyak segera menaikkan harga minyak di dalam negeri atau malah mencabut subsidi BBM. Mahalnya energi tak tergantikan ini diperkirakan akan mencapai $ 200 per barrel pada tahun 2015 atau malah pada tahun 2012 (sapa yang tahu ya nggak) atau kemungkinan terburuk adalah cadangan minyak dunia habis sama sekali pada tahun 2015 (wallahu a’lam).

Sudah saatnya negara-negara berkembang seperti Indonesia untuk mengganti ketergantungannya terhadap BBM. Ingat, BBM suatu saat nanti akan habis.

Saya ada beberapa saran, yang tentunya sedikit ekstrim, namun berguna dalam jangka panjang, malah kita tidak harus hemat energi lagi (seperti slogan pemerintah sekarang). Saran saya tersebut adalah :

  1. Bagi daerah yang mempunyai potensi kekayaan yang besar seperti Kab. Tapin dan Tanah Bumbu, pemerintah daerah bisa membangun Pembangkit Listrik tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang tiap pembangkitnya bisa menghasilkan 13KW untuk sekala kecil. daya segitu bisa kita manfaatkan untuk penerangan jalan satu daerah. Jadi kita tidak tergantung pada PLN dalam menerangi jalan. Konon, untuk penerangan jalan, PLN mesti mengalokasikan 15% dari sumber daya energi Listrik, bayangkan saja….berapa satuan BBM bisa dihemat karena PLTMH tersebut.
  2. Matahari adalah sumber energi terbesar didunia yang setiap hari menyinari bumi Nusantara hampir tiap 12 jam per hari. Bayangkan jika kita memanfaatkan ini untuk kemakmuran indonesia, indonesia bisa swasembada energi jadi bukan krisis lagi nantinya yang pemerintah pikirkan, atau malah nantinya peerintah akan sibuk dengan ide export energi ya maklum saja beras saja yang baru dititik aman sudah mau dieksport apalagi energi yang sudah kelebihan tentunya banyak negara yang mau. Kita bangun lagi, PLTS atau tiap rumah dipasangin Panel surya ditambah Aki untuk menyimpan tenaga supaya malam tenaga tersebut bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan listrik lainnya.
  3. Wappres Yusuf Kalla pernah mengungkapkan bahwa tanggungan pemerintah untuk BBM adalah di sektor transportasi, berarti kendaraan adalah biang keroknya. Untuk itu, mari kita perbaharui kendaraan, yang dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar listrik. Ini mungkin yang akan disebut dengan revousi kendaraan, dengan mengguakan Bahan Bakar Listrik, Lebih Hemat, Ramah Lingkungan dan tentu saja harganya lebih murah. untuk kendaraan bermotor bisa menggunakan motor listrik yang sekarang sudah banyak dipasaran. Untuk yang senang dengan kendaraan roda empat, di eropa sudah ada mobil sport yang memakai Bahan Bakar Listrik dan kalau anda tidak percaya kecepatannya bisa mencapai 250KM/Jam. Jangan lupa SPBU juga harus menggunakan panel surya atau pembangkit Non BBM lainnya.
  4. Untuk Perusahaan dan Industri baru memakai jasa PLN. Dengan tidak ada lagi masyarakat umum yang memakai listrik dari PLN maka tarif dari PLN bisa menyesuaikan tanpa subsidi dari pemerintah. Jadi nantinya tidak adalagi kerugian ditubuh PLN, dengan pasar yang jelas untuk kalangan Industri dan Perusahaan. tidak sampai disitu saja, PLN juga diusahakan tidak lagi menggunakan BBM untuk menghidupkan generatornya. Bisa memakai Panas Bumi yang 40% Sumber Panas Bumi dunia ada di Indonesia.
  5. Selain itu ada juga yang masih kontroversi yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang masih kontroversi di Indonesia. Tapi untuk keberlanjutannya PLTN sangat Menguntungkan walaupun investasi awalnya besar, tapi biaya produksinya rendah jadi bisa menekan pengeluaran PLN.

Ayo, bagaimana pemerintah? memang sih awalnya sakit sekali, namun saya pastikan 5 tahun kedepan kita akan surplus listrik dan tidak ada lagi orang yang jalan kaki di dalam kota, semua pakai kendaraan tanpa mempengaruhi lingkungan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: