Oleh: kandanganhss | Juni 5, 2008

Hutan Kita Habis Pada 2019

Hutan hujan tropika di Indonesia terdiri dari banyak pohon. Lebih kurang 4000 jenis yang tumbuh pada berbagai formasi hutan dan tipe hutan telah diketahui dan sekitar 400 jenis pohon telah diketahui nilai komersial kayunya.

Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Longgena Ginting mengatakan kerusakan hutan di Indonesia mencapai 3,8 juta hektar setahun. Ini berarti semenit 7,2 hektar yang rusak. Jika masih terus terjadi dan kalau tidak dihentikan, maka hutan dataran rendah Sdi Kalimantan akan habis pada tahun 2010. Minyak pun, dikatakan Longgena, tidak akan bertahan dalam waktu 10 tahun.

Hutan di Indonesia sebagian besarnya adalah Hutan Hujan Tropika Dari tutupan hutan Indonesia seluas 130 juta hektar, menurut World Reseach Institute (sebuah lembaga think tank di Amerika Serikat), 72 persen hutan asli Indonesia telah hilang. Berarti hutan Indonesia tinggal 28 persen. Data Departemen Kehutanan sendiri mengungkapan 30 juta hektar hutan di Indonesia telah rusak parah. Itu berarti 25 persen rusak parah.

Di Indonesia berdasarkan hasil penafsiran citra landsat tahun 2000 terdapat 101,73 juta hektar hutan dan lahan rusak, diantaranya seluas 59,62 juta hektar berada dalam kawasan hutan. [Badan Planologi Dephut, 2003].

Kerusakan hutan juga diakibatkan ilegal loging yang merajalela ditambah lagi dengan minimnya dana yang bergulir untuk pengawasan hutan, Staff Dinas Kehutanan Propinsi Kal-Sel yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan untuk patroli serta pengawasan hutan lindung sering diambil dari pos lain, sehingga untuk monitoring kelapangan sangat tidak memungkinkan.

Dan kalau hal tersebut tidak diantisipasi serius oleh pemerintah kita, maka pada tahun 2019 hutan di indonesia hanya tinggal kenangan.

Anda mau berpartisipasi dalam penjagaan hutan Indonesia, caranya dengan pengalihan tagihan lewat e-billing dan mengalihkan mengirim surat lewat e-mail. Maka anda akan membantu menyelamatkan 3 pohon dalam sebulan.


Responses

  1. Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
    Hutan Loksado yang indah ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: